WordPress 3.2, yang merupakan update mayor ke-15, telah dirilis oleh Matt Mullenweg, founder WordPress dan Automattic. Versi 3.2 yang didedikasikan untuk komposer dan pemain piano George Gerswin (1898-1937) dirilis empat bulan setelah rilis versi 3.1. Menurut Mullenweg, WordPress 3.2 lebih cepat dan ringan. Berikut perubahan yang ada pada WordPress versi 3.2.

  • Desain layar admin kini telah berubah. Font yang digunakan berbeda dari sebelumnya, tampilan Dashboard tampak lebih segar walaupun secara fungsional tidak banyak berbeda dengan versi 3.1.
  • Perubahan besar ada pada layar editor untuk menulis artikel. Di sini ada opsi untuk menampilkan layar editor secara full screen. Mode full screen benar-benar bersih. Yang ditampilkan mode ini hanya judul dan teks artikel. Namun toolbar untuk penyuntingan artikel akan muncul bila kursor mouse berada di bagian atas layar. Tetapi tombol-tombol pada toolbar ini lebih sedikit, yakni hanya beberapa yang paling sering dibutuhkan. Bila Anda membutuhkan tool penyuntingan yang lengkap, Anda harus kembali ke mode non-full-screen.

Toolbar WordPress 3.2

Pada toolbar editor ada opsi ke mode full-screen.

 

Mode Full Screen layar editor

Mode full-screen layar editor sangat bersih, toolbar yang lebih sederhana muncul bila kursor mouse berada di atas layar.

 

  • Sekarang WordPress 3.2 tidak lagi mendukung browser versi lama seperti Internet Explorer 6. Browser selain Internet Explorer yang versi baru juga didukungnya.
  • Untuk menginstal versi 3.2 ini, pastikan Anda menggunakan minimal PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.
  •  Seperti yang telah dijanjikan oleh WordPress sebelumnya, yaitu memperbarui default theme Twenty Eleven setiap tahun, telah direalisasikan pada versi 3.2 ini. Selain desain yang diperbarui, theme Twenty Eleven sekarang mendukung tampilan header yang berotasi, yaitu gambar header berganti-ganti. Juga, theme ini sudah mendukung HTML5.

Download WordPress 3.2

WordPress 3.2 sudah bisa diunduh di WordPress.org, format zip sebesar 3MB, atau format tar.gz 2,7MB. Bila Anda sudah menggunakan versi sebelumnya, Anda tentu bisa melakukan update secara otomatis. Tapi jangan lupa untuk backup website Anda terlebih dahulu.