Seperti kita ketahui bahwa on-page SEO merupakan optimasi konten. Pada sebuah website, berkaitan dengan on-page SEO, ada dua hal yang perlu dibedakan, yaitu konten utama website dan konten pendukung yang ada di setiap halaman lainnya (selain halaman utama). Konten utama website mencerminkan isi dari website secara keseluruhan yang biasanya ada pada halaman Home.

Konten utama didukung oleh konten-konten lainnya pada halaman kedua, ketiga, dan seterusnya, atau didukung oleh setiap artikel pada blog di website tersebut. Konten pada halaman-halaman pendukung atau pada setiap artikel harus berkaitan dengan konten utama. Dengan demikian website akan lebih fokus dan segmentasi menjadi lebih tajam. Konten demikian selain diminati oleh audience di segmen tersebut juga akan disukai oleh search engine.

Bila dikaitkan dengan keyword, maka akan ada keyword utama yang berkaitan dengan konten utama dan ada keyword sekunder yang berada di masing-masing halaman atau artikel. Pada WordPress, kedua jenis keyword ini sangat penting terutama bila menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO Pack. Pada plugin semacam ini, Anda harus mengisikan keyword utama sekali pada saat selesai instalasi, dan keyword sekunder pada setiap selesai menulis artikel.